Langsung ke konten utama

Kamus Basa Bali - Indonesia

Halo semua, perkenalkan saya Joseagush, administrator di Wikipedia Basa Bali. Wikipedia adalah ensiklopedi digital terbesar di dunia dengan dukungan pada lebih dari 321 bahasa (s.d. Juni 2021), salah satunya Wikipedia Bahasa Bali yang baru rilis tanggal 14 Oktober 2019.

Pada artikel kali ini, penulis membagikan 20 buku dalam format PDF terkait Kamus dan Struktur Bahasa Bali yang sekiranya dapat membantu rekan-rekan jika mengalami kesulitan dalam menterjemahkan atau menulis artikel menggunakan bahasa Bali di Wikipedia Basa Bali. Atau jikapun tidak, dapat membantu rekan-rekan menempuh jenjang studi atau pembelajaran mandiri terkait bahasa Bali. Buku-buku ini dapat diunggah secara gratis dan berlisensi public domain karena diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui badan bahasa atau departemen terkait lainnya.

Tentunya daftar pustaka ini masih jauh dari sempurna. Karenanya, besar harapan penulis jika rekan-rekan memiliki buku atau pustaka menarik terkait budaya dan utamanya bahasa Bali bolehlah berkenan membagikannya bersama disini.
  1. Kamus Bahasa Bali Kuno - IndonesiaPenyusun Ida Wayan Oka Granoka, I Gde Semadi Astra, I Gusti Ngurah Bagus, I Wayan Jendra, I Nengah Medera, Ketut Ginarsa. Publisher Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1985.
  2. Kamus Bahasa Bali - Indonesia, Edisi ke-3, Penyusun; Ni Luh Partami, I Made Sudiana, I Nengah Sukayana, Ida Ayu Mirah Purwiati, Publisher Balai Bahasa Bali, 2016.
  3. Kamus Bahasa Indonesia - Bali, Balai Penelitian Bahasa Singaraja dan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Publisher Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1975.
  4. Kamus Bahasa Indonesia - Bali A - K, Penyusun; I Made Denes, I Made Purwa, I Gede Nyeneng, I Made Suandhi, I Ketut Merta. Publisher Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1997.
  5. Kamus Bahasa Indonesia - Bali L - ZPenyusun; I Made Denes, I Made Purwa, I Gede Nyeneng, I Made Suandhi, I Ketut Merta. Publisher Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1998.
  6. Sistim Perulangan Bahasa BaliPenyusun: I Wayan Bawa, I Nyoman Subawa Duarsa, I Wayan Jendra, I Nyoman Sulaga, Ida Bagus Made Suasta. Publisher Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta 1984.
  7. Sinonimi Dalam Bahasa BaliPenyusun: Ni Wayan Sudiati, I Nengah Budiasa, Ida Ayu Mirah Purwiati, I Nengah Semeta Sadnyana. Publisher Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2003.
  8. Medan Makna Rasa Dalam Bahasa Bali, Penyusun: Ni Luh Komang Candrawati, I Wayan Sudana, Ida Bagus Ketut Maha Indra, Ida Ayu Putu Aridawati, Publisher Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2002.
  9. Kata Tugas Bahasa BaliPenyusun: Ketut Ginarsa, Made Denes, Aron Meko Mbete, I Gusti Ketut Ardhana, I Ketut Merta. Publisher Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 1984.
  10. Ejaan Bahasa Daerah Bali yang DisempurnakanPenyusun: I Gusti Ngurah Bagus. Publisher Lembaga Bahasa Nasional Cabang I, Singaraja 1974.
  11. Kamus Indonesia - Jawa Kuno, Penyusun: L. Mardiwarsito, Sri Sukesi Adiwimarta, dan Sri Timur Suratman, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1992.
  12. Kamus Sansekerta - Indonesia, Dr. Purwadi, M.Hum dan Eko Priyo Purnomo, SIP. BudayaJawa.Com, 2008.
  13. Interferensi Gramatikal Bahasa Bali dalam Pemakaian Bahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar di Bali, Ketut Rindjin, I Gusti Putu Antara, Made Nadera, Made Gosong, Ketut Lama dan Wayan Warna, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1981.
  14. Dongeng Panji dalam Kesusastraan Bali, Pengantar, Teks, dan Terjemahan. Penyusun: I Gusti Ngurah Bagus, I Ketut Lama, dan Ida Bagus Udara Naryana, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Balai Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Bali, 1986.
  15. Kongres Bahasa Bali IV, Balai Penelitian Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Denpasar, 1998.
  16. Dwijendra Tattwa, Ida Bagus Gusti Agastia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, 1992/1993
  17. Modernisasi dan Pelestarian: Perkembangan Metode dan Teknik Penulisan Aksara Bali, I.B. Made Suasta, I.B. Mayun dan Wayan Rupa, Penyunting: Sri Saadah Soepono, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta, 1996/1997
  18. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Bali dengan Huruf Latin, Ida Ayu Mirah Purwiati, Ni Putu Ekatini Negari dan I Wayan Sudiartha, Balai Bahasa Provinsi Bali, 2013.
  19. Polisemi dalam Bahasa Bali, I Gde Wayan Soken Bandana, I Nengah Sukayana, I Made Purwa dan Ni Luh Partami, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2002.
  20. Struktur Bahasa Bali, I Wayan Bawa dan I Wayan Jendra, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 1981.
Buku-buku ini penulis dapatkan dan kemudian disusun berdasarkan obrolan ringan dari grup Whatsapp Wikipedia Basa Bali, suatu wadah diskusi dan dialog bersama yang digunakan untuk membangun Wikipedia Basa Bali, ensiklopedia digital pertama dan terbesar yang berbasis bahasa Bali.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga buku-buku yang saya bagikan ini dapat membantu penyebaran dan penggunaan Basa Bali lebih baik.

Matur Suksma.

Komentar

  1. Untuk yg No.2 Kamus Bahasa Bali - Indonesia, Edisi ke-3 bisa di update gak linkny bli? Suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, sudah saya update. semoga berguna.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Seluruh Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten , Provinsi beserta Kode Pos di Indonesia

Download Daftar Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten , Provinsi beserta Kode Pos di Indonesia Ditulis pada 201 8 Awalnya gathering data di internet untuk proyek Wikipedia untuk mendapatkan database yang lebih akurat. Mudah mudahan dapat berguna untuk orang lain. Sumber :  http://www.nomor.net , kemendagri, BPS tiap provinsi dan kabupaten,  indonesia.go.id ,   kodepos.nomor.net , PT Pos Indonesia (Persero),   kemendagri.go.id , masing-masing Pemda (Kabupaten dan Kota), dsb. Download files below:  link 1, google drive

Tiga Tahun Wikipedia Basa Bali!

  Empat belas Oktober 2022 kemarin genap  Wikipédia  Bahasa Bali  berumur tiga tahun. Dalam tiga tahun perjalanannya yang relatif singkat jika dibandingkan dengan situs2 sejenis, Wikipedia bahasa Bali menorehkan prestasi yang tidak biasa saja. Justru sungguh luar biasa jika dibandingkan dengan berbagai situs wikipedia berbahasa daerah di Indonesia yang sekarang genap berjumlah 14 situs wikipedia. 1 Prestasi pertamanya adalah menjadi satu-satunya situs web berbahasa Bali yang tembus 20 juta kunjungan dari lebih tujuh juta akun selama tiga tahun terakhir. Bahkan di tahun 2022 ini, kunjungan ke situs ini mencapat lebih dari 9,6 juta kali, atau hampir 50% dari total seluruh kunjungan ke situs ini selama tiga tahun terakhir. Itu artinya situs wikipedia bahasa Bali mengalami lonjakan kunjungan 2 kali lipat dari tahun2 sebelumnya dengan rata-rata kunjungannya pun mencapai lebih dari 17.600 akun (IP address) dalam sehari! Berikut sedikit catatan statistik per tanggal 4 November 2022. Jumlah