Langsung ke konten utama

Sanko

Nama lahirnya Sandjaja Kosasih. Lahir di Mojokerto, Jawa Timur pada 6 Januari 1965. Saya mengenalnya di Wikipedia Bahasa Indonesia, setelah, sepertinya, menjadi satu-satunya wikipediawan yang diberikan bintang anumerta.
 
Ia menghabiskan masa kecil di kota kelahiran sampai SMP tahun 1981, melanjutkan ke SMAK St. Louis Surabaya dan kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember jurusan Arsitektur, sempat bekerja di dua biro konsultan arsitektur di Surabaya pada waktu kuliah dan setelah wisuda sampai 28 September 1990 menjelang kepindahan ke Samarinda. Tinggal dan bekerja di Kota Samarinda, Kalimantan Timur sejak 30 September 1990, dan pernah tinggal dan bekerja di Banjarmasin selama 5 bulan pada tahun 1992. Mulai memakai internet dengan cara dial up interlokal sejak 1995 dan bekerja di bidang internet sejak 1997 hingga tutup usia.
 
Ia tidak pernah saya temui secara langsung bahkan saya mengetahuinya sesudah ia meninggal, tidak banyak yang tahu, bahkan mungkin di kalangan Wikipediawan, komunitas pasukan sukarelawan yang menulis di Wikipedia. Tapi sumbangsihnya untuk wikipedia dan pengetahuan bebas secara umum amat sangat berharga. Dari awal bergabung di tahun 2010 s.d 2011, ia sudah berkontribusi suntingan sebanyak 4.051 di Wiki Bahasa Indonesia, 368 di Wiki bahasa Inggris dan 148 di Wiki Bahasa Jawa. 625 Artikel diantaranya adalah artikel baru. Termasuk diantaranya daftar stasiun MRT di Singapura, Kota terakhir ia menjalani kemoterapi karena kanker faring. Ia juga menulis dan merintis daftar Keuskupan dan paroki di seluruh Indonesia, mulai Februari 2011.
 
Ya, ia terkena kanker ketika aktif menulis di Wikipedia. Justru ia aktif menulis di wiki ketika diagnosa kanker menghampirinya. Karyanya dan kontribusinya yg tidak kenal lelah membuka mata saya, bahwa banyak orang2 baik diluar sana yang berkontribusi dengan caranya masing2, bahkan dari ranjang pasien sekalipun. Saya jadi ingat buku yg pernah saya baca ketika SMA, tuesday with morrie.
 
Perjalanan tentang memaknai hidup kita yg sederhana, tidak terkenal, tidak kaya raya, tidak jg memiliki sumbangsih hebat dan fenomenal. Intinya bukan siapa2. Remahan rengginang. Menjadi 90% manusia pada umumnya. The Nobody. Tapi lewat tulisan, lewat sebuah karya akhirnya berhasil mendobrak pertanyaan terbesar dalam diri masing2 manusia.

“Untuk apa kita hidup?”

Buku itu begitu fenomenal dan terjual 15 juta eksemplar dengan lebih dari 50 edisi bahasa di seluruh dunia justru ketika Prof. Morrie Schwartz sudah meninggal dunia. Pesan utamanya, seperti yg saya kutip dibawah, adalah agar kita selalu memiliki cinta, kasih dan pengharapan;

“Morrie shows us the value of retaining dignity in the face of death; that love is the most valuable thing we can offer to each other.”

Banyak dari kita mungkin lupa bahwa Wikipedia selalu mengingat dan merekam jejak kita. Setiap saat, bahkan dalam halaman2 diskusi, warung kopi dan pembicaraan. Kata2 dan tulisan kita menjadi abadi. Begitu juga legacy kita. Begitu juga sumbangsih kita pada dunia yg lebih baik, yg lebih damai dan plural, yg lebih berpengetahuan, yg lebih dewasa.

Begitu juga kontribusimu, mas Sanko.

Selamat jalan, Sanko, maafkan saya yg baru mengenalmu justru saat kamu sudah tiada. Tapi dari tulisanmulah aku bersemangat menulis di Wikipedia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Basa Bali - Indonesia

Halo semua, perkenalkan saya Joseagush, administrator di Wikipedia Basa Bali. Wikipedia adalah ensiklopedi digital terbesar di dunia dengan dukungan pada lebih dari 321 bahasa (s.d. Juni 2021), salah satunya Wikipedia Bahasa Bali yang baru rilis tanggal 14 Oktober 2019. Pada artikel kali ini, penulis membagikan 20 buku dalam format PDF terkait Kamus dan Struktur Bahasa Bali yang sekiranya dapat membantu rekan-rekan jika mengalami kesulitan dalam menterjemahkan atau menulis artikel menggunakan bahasa Bali di Wikipedia Basa Bali. Atau jikapun tidak, dapat membantu rekan-rekan menempuh jenjang studi atau pembelajaran mandiri terkait bahasa Bali. Buku-buku ini dapat diunggah secara gratis dan berlisensi public domain karena diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui badan bahasa atau departemen terkait lainnya. Tentunya daftar pustaka ini masih jauh dari sempurna. Karenanya, besar harapan penulis jika rekan-rekan memiliki buku atau pustaka menarik terkait budaya dan utamanya

Daftar Seluruh Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten , Provinsi beserta Kode Pos di Indonesia

Download Daftar Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten , Provinsi beserta Kode Pos di Indonesia Ditulis pada 201 8 Awalnya gathering data di internet untuk proyek Wikipedia untuk mendapatkan database yang lebih akurat. Mudah mudahan dapat berguna untuk orang lain. Sumber :  http://www.nomor.net , kemendagri, BPS tiap provinsi dan kabupaten,  indonesia.go.id ,   kodepos.nomor.net , PT Pos Indonesia (Persero),   kemendagri.go.id , masing-masing Pemda (Kabupaten dan Kota), dsb. Download files below:  link 1, google drive

Tiga Tahun Wikipedia Basa Bali!

  Empat belas Oktober 2022 kemarin genap  Wikipédia  Bahasa Bali  berumur tiga tahun. Dalam tiga tahun perjalanannya yang relatif singkat jika dibandingkan dengan situs2 sejenis, Wikipedia bahasa Bali menorehkan prestasi yang tidak biasa saja. Justru sungguh luar biasa jika dibandingkan dengan berbagai situs wikipedia berbahasa daerah di Indonesia yang sekarang genap berjumlah 14 situs wikipedia. 1 Prestasi pertamanya adalah menjadi satu-satunya situs web berbahasa Bali yang tembus 20 juta kunjungan dari lebih tujuh juta akun selama tiga tahun terakhir. Bahkan di tahun 2022 ini, kunjungan ke situs ini mencapat lebih dari 9,6 juta kali, atau hampir 50% dari total seluruh kunjungan ke situs ini selama tiga tahun terakhir. Itu artinya situs wikipedia bahasa Bali mengalami lonjakan kunjungan 2 kali lipat dari tahun2 sebelumnya dengan rata-rata kunjungannya pun mencapai lebih dari 17.600 akun (IP address) dalam sehari! Berikut sedikit catatan statistik per tanggal 4 November 2022. Jumlah