Langsung ke konten utama

Katalog Satua Bali Terlengkap


Ya, Anda ngga salah baca. Katalog satua Bali yang terlengkap dan terbesar di dunia sudah tersedia. Katalog ini menjadi basis data bagi seluruh satua (cerita rakyat) yang ada di Bali sampai dengan saat ini. Hebatnya lagi semua kumpulan satua Bali ini langsung dapat dibaca setiap saat, dimana saja dan kapan saja, selama ada jaringan internet tentunya. Tidak hanya itu saja, database katalog terus menerus dikembangkan rekan-rekan Komunitas Wikimedia Denpasar. Harapannya, katalog ini tidak hanya menjadi basis data terlengkap tetapi juga basis data penelitian bersama dengan mengajak serta rekan-rekan lainnya untuk mengkaji keberlangsungan satua Bali. Penelitian-penelitian yang sudah ada pun tidak lupa dicantumkan dalam artikel terkait. Akan lebih mudah jika kemudian mau sumbang saran dan tulisan di Wikipedia Bahasa Bali yang berdiri dari Oktober 2019 ini.

Sampai saat ini saja, bulan April 2022, sudah terdapat tidak kurang dari 204 satua dalam katalog ini. Katalog ini menggunakan platform Wikipedia Bahasa Bali, ensiklopedi digital pertama dan terbesar dalam bahasa Bali.1 Perlunya menghadirkan satua-satua ini dalam salah satu situs web terbesar di dunia berfungsi agar bahasa Bali lebih dikenal oleh masyarakat dunia secara luas sekaligus memperkenalkan bahasa Bali di Wikipedia. 

Mengapa ini adalah katalog satua terbesar?

Dalam sejarahnya acuan katalog satua Bali selama ini baru ada segelintir. Buku Pupulan Satua Satua Bali jilid I sampai dengan XV karya I Nengah Tinggen, maestro sastrawan basa Bali dasawarsa 1990-an, jika dihitung, berisikan total tidak lebih dari 80 satua saja. Buku lainnya, karya I Nyoman Suwija dkk. yang terbit tahun 2019 berjudul Kumpulan Satua (Dongeng Rakyat Bali) juga hanya memuat tidak lebih dari 61 satua. Beberapa usaha lainnya dalam membuat katalog satua ini pun lebih banyak dalam bentuk usaha yang kurang lebih sama. Katalog dibuat dalam bentuk buku cetak dan didistribusikan secara terbatas. Katalog digital pertama melalui format BasaBaliWiki pun hanya mengumpulkan tidak lebih dari 49 satua sejauh ini, padahal situs ini telah berdiri sejak 2013.

Sebelum katalog ini dibuat, pada tahun 2019 diperkirakan terdapat kurang lebih 171 satua Bali yang beredar di masyarakat. Satua-satua ini kemudian dikumpulkan oleh Penyuluh Bahasa Bali provinsi Bali. Sayangnya, jumlah satua ini tidak dijelaskan satua-satua apa saja yang telah dikumpulkan dan bagaimana cara mengaksesnya. Berhenti pada tataran laporan saja. Ataukah jangan-jangan banyak satua yang memiliki cerita yang sama tapi berbeda judulnya saja?

Wikipedia Bahasa Bali kemudian hadir pada akhir tahun 2019 setelah sebelumnya penggiat sastra Bali yang gundah gulana membentuk Komunitas Wikimedia Denpasar pertengahan Agustus 2019. Komunitas yang digawangi Ayu Sulastri, Siti Noviali dan Luh Gede Krismayanti ini kemudian berhasil mengentaskan bahasa Bali di Wikipedia dari inkubasinya setelah selama 14 tahun mendekam disana.

Dalam rangka mengisi wikipedia dengan artikel yang orisinal berbahasa Bali, Joseagush salah satu pelopornya, kemudian berusaha untuk mengumpulkan satua-satua Bali dalam format baru di wikipedia selama masa pandemi dari Maret 2020 sampai Oktober 2021. Hasilnya, Tidak kurang dari dua ratus judul satua kini dapat diakses secara langsung, bebas dan gratis seluruhnya dengan hanya mengklik logo Wikipedia diatas. 

Beberapa satua yang dikumpulkan ada yang cukup terkenal seperti satua I Belog meski beberapa satua lainnya bahkan hampir tidak dikenali. Ambil contoh saja seperti Satua Bé Bano yang penulis baru baca dan kenali setelah melakukan katalogisasi ini.

Tidak hanya itu, dalam katalog ini penulis juga mencoba jabarkan masing-masing asal lontar (jika tersedia) darimana saja satua tersebut berasal. Ambil contoh satua Bagus Diarsa. Satua ini ternyata sudah terdapat di lontar pada katalog Gedong Kirtya berangka tahun 1948. Baik itu katalog nomor 6105 / VI b (tahun 1981) dan nomor 1753 / VI b (tahun 1948). Beberapa diantaranya bahkan berasal dari lontar yang lebih tua lagi berangka tahun 1940 atau sebelumnya seperti satua I Cekel Wanengpati.

Menarik bukan?

Kebutuhan untuk repositori dan database bagi satua Bali ini sekarang sudah sangat mendesak karena semakin sedikitnya penutur bahasa Bali sendiri. Dari 3,3 juta penutur bahasa Bali pada sensus tahun 2010 diperkirakan saat ini hanya tinggal 1 juta saja yang masih aktif menggunakan bahasa Bali dalam kesehariannya. Dari satu juta pengguna itu pun hanya seperempatnya saja yang benar-benar dapat menggunakan dengan baik.

"Balinese has about a million speakers; on the other hand, only about a quarter of the population of Bali can still speak it."

Karena itu, penting untuk membuat data tentang satua-satua ini dalam satu wadah yang dapat dikembangkan bersama. Tidak hanya berhenti disana, komunitas juga sedang mempersiapkan beberapa katalog lainnya, antara lain; katalog desa, kecamatan dan kabupaten di Bali, katalog Jaja Bali, katalog gending Bali, dan lain sebagainya.

Usaha ini menjadi sarana untuk terus menerus belajar bahasa Bali itu sendiri.

Pustaka


1 Klaim ini juga berdasarkan bukti statistik kunjungan ke situs Wikipedia Bahasa Bali yang mencapai 15 juta per April 2022. Lebih dari 5,6 juta diantaranya adalah pengguna terdaftar dengan lebih dari 15.000 kali kunjungan per hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamus Basa Bali - Indonesia

Halo semua, perkenalkan saya Joseagush, administrator di Wikipedia Basa Bali. Wikipedia adalah ensiklopedi digital terbesar di dunia dengan dukungan pada lebih dari 321 bahasa (s.d. Juni 2021), salah satunya Wikipedia Bahasa Bali yang baru rilis tanggal 14 Oktober 2019. Pada artikel kali ini, penulis membagikan 20 buku dalam format PDF terkait Kamus dan Struktur Bahasa Bali yang sekiranya dapat membantu rekan-rekan jika mengalami kesulitan dalam menterjemahkan atau menulis artikel menggunakan bahasa Bali di Wikipedia Basa Bali. Atau jikapun tidak, dapat membantu rekan-rekan menempuh jenjang studi atau pembelajaran mandiri terkait bahasa Bali. Buku-buku ini dapat diunggah secara gratis dan berlisensi public domain karena diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui badan bahasa atau departemen terkait lainnya. Tentunya daftar pustaka ini masih jauh dari sempurna. Karenanya, besar harapan penulis jika rekan-rekan memiliki buku atau pustaka menarik terkait budaya dan utamanya

Daftar Seluruh Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten , Provinsi beserta Kode Pos di Indonesia

Download Daftar Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten , Provinsi beserta Kode Pos di Indonesia Ditulis pada 201 8 Awalnya gathering data di internet untuk proyek Wikipedia untuk mendapatkan database yang lebih akurat. Mudah mudahan dapat berguna untuk orang lain. Sumber :  http://www.nomor.net , kemendagri, BPS tiap provinsi dan kabupaten,  indonesia.go.id ,   kodepos.nomor.net , PT Pos Indonesia (Persero),   kemendagri.go.id , masing-masing Pemda (Kabupaten dan Kota), dsb. Download files below:  link 1, google drive

Tiga Tahun Wikipedia Basa Bali!

  Empat belas Oktober 2022 kemarin genap  Wikipédia  Bahasa Bali  berumur tiga tahun. Dalam tiga tahun perjalanannya yang relatif singkat jika dibandingkan dengan situs2 sejenis, Wikipedia bahasa Bali menorehkan prestasi yang tidak biasa saja. Justru sungguh luar biasa jika dibandingkan dengan berbagai situs wikipedia berbahasa daerah di Indonesia yang sekarang genap berjumlah 14 situs wikipedia. 1 Prestasi pertamanya adalah menjadi satu-satunya situs web berbahasa Bali yang tembus 20 juta kunjungan dari lebih tujuh juta akun selama tiga tahun terakhir. Bahkan di tahun 2022 ini, kunjungan ke situs ini mencapat lebih dari 9,6 juta kali, atau hampir 50% dari total seluruh kunjungan ke situs ini selama tiga tahun terakhir. Itu artinya situs wikipedia bahasa Bali mengalami lonjakan kunjungan 2 kali lipat dari tahun2 sebelumnya dengan rata-rata kunjungannya pun mencapai lebih dari 17.600 akun (IP address) dalam sehari! Berikut sedikit catatan statistik per tanggal 4 November 2022. Jumlah